Pelayanan Pelanggan untuk Tingkatkan Kepercayaan pada Perusahaan

Pelayanan Pelanggan Untuk Tingkatkan Kepercayaan Pada Perusahaan – http://withme.id

Memiliki sebuah perusahaan atau bisnis tentu memerlukan pelayanan pelanggan yang mumpuni. Layanan yang diberikan pada pelanggan ini lah yang juga menentukan tingkat kepercayaan masyarakat pada perusahaan tersebut. Setiap perusahaan akan berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan mereka.

Pengertian Pelayanan Pelanggan

Secara umum pengertian dari layanan pelanggan adalah bentuk service atau bentuk pelayanan yang dilakukan oleh perusahan kepada para pelanggan atau konsumen yang meliputi segala jenis pelayanan mulai dari keluhan, informasi hingga layanan lain yang berbasis pada tindakan perusahaan untuk memberikan kepuasan pada para pelanggan atau konsumen yang bersangkutan.

Layanan yang diberikan oleh perusahaan pada para pelanggan ini adalah salah satu unsur yang paling penting dalam bidang marketing perusahaan. Sebuah perusahaan yang memiliki pelayanan maksimal akan mendapatkan kepercayaan jauh lebih banyak dibanding dengan perusahaan yang memiliki pelayanan buruk. Karena hal ini lah layanan pelanggan jauh lebih penting karena akan menjadi citra perusahaan.

Tips Pelayanan Pelanggan Yang Baik

Sebagai salah seorang pemilik perusahaan atau staff yang bergerak secara langsung untuk melayani pelanggan, terdapat beberapa tips mudah untuk melayani pelanggan dengan baik. Berikut tips pelayanan pelanggan yang baik:

  1. Selalu ada untuk pelanggan

Ini adalah salah satu hal utama dalam hal pelayanan pelanggan. Seorang pelanggan tidak akan memberikan jam khusus ketika ingin melakukan komplain. Sering kali pelanggan melakukan komplain pada waktu-waktu tertentu yang tidak sesuai dengan jam kantor.

Sebagai seorang pekerja di layanan pelanggan maka harus selalu ada untuk pelanggan. Hal ini yang nantinya akan memberikan citra baik bagi perusahaan yang dibawa oleh pekerja layanan pelanggan tersebut.

  1. Selalu bersikap ramah

Menyapa pelanggan dengan ramah adalah salah satu tips penting untuk mendapatkan hati para pelanggan. Bersikap ramah akan membuat pelanggan percaya dan merasa bahwa pelayanan yang diberikan adalah pelayanan yang baik.

  1. Tahu cara berhenti

Seorang pekerja layanan pelanggan harus tahu waktu yang tepat untuk berhenti dan menunggu respon dari pelanggan. Seorang pelanggan akan merasa di hargai ketika saat dia berbicara direspon oleh layanan ini dan tidak dipotong secara mendadak oleh layanan konsumen.

  1. Tidak terus menerus menghubungi pelanggan

Seorang pekerja layanan ini tidak bisa terus menerus menghuhungi pelanggan karena hal itu akan sangat menggangu para pelanggan. Pekerja layanan ini hanya akan muncul ketika pelanggan memerlukan bantuan atau akan menyampaikan informasi tentang perusahaan

  1. Memberikan solusi terbaik

Seorang pelayan pelanggan harus memiliki solusi terbaik bagi setiap keluhan yang diberikan oleh pelanggan. Seorang pelanggan akan sangat mengapresiasi solusi yang diberikan oleh pekerja layanan jika dapat membantu masalah mereka.

Contoh Pelayanan Pelanggan

Salah satu contoh layanan yang bisa dilakukan untuk pelanggan adalah membantu setiap keluhan yang diberikan oleh pelanggan. Pelanggan yang menyampaikan keluhan adalah tugas dari para pekerja layanan konsumen untuk menghandle dan mencari solusi dari keluhan dan permasalahan tersebut.

Hal tersebut adalah contoh paling umum yang biasanya terjadi dan paling sering dialami oleh para pekerja layanan konsumen.

Pelatihan Pelayanan Pelanggan

Sebelum dapat menjadi seorang pelayan pelanggan hal yang utama harus dilakukan oleh para calon pekerja layanan konsumen adalah mengikuti pelatihan. Bagi beberapa perusahaan besar, pelatihan pelayanan konsumen ini dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai training dan workshop.

Cara untuk menghandle para konsumen yang melakukan komplain ataupun konsumen yang ingin melakukan konsultasi. Dengan melakukan pelatihan secara berkala maka seorang pekerja layanan konsumen akan terbiasa untuk menghadapi keluhan dan berhadapan langsung dengan pelanggan.

Training Pelayanan Pelanggan

Setelah mengikuti pelatihan tentang cara pelayanan pelanggan yang baik maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengikuti training pelayanan untuk pelanggan. Training pada sebuah perusahaan dapat di dampingi oleh staf-staf yang berpengalaman.

Training selain dapat dilakukan di kantor perusahaan yang bersangkutan juga dapat secara langsung dilakukan dengan berhadapan dengan pelanggan. Berhadapan dengan pelanggan akan membuat kemampuan yang dimiliki oleh seorang pekerja layanan konsumen makin terasah.

Standar Pelayanan Pelanggan

Bagi seorang pekerja layanan konsumen terdapat beberapa standar pelayanan yang harus dipahami dan diterapkan pada kegiatan dan pekerjaan sehari-hari yang dia lakukan. Berikut standar pelayanan pelanggan yang harus dipahami:

  1. Pemenuhan janji atau solusi pelanggan dalam waktu kurang dari 24 jam
  2. Waktu penulisan laporan yang harus kurang dari 5 menit karena akan berdampak pada pelanggan yang menunggu
  3. Pelayanan di lakukan secara ramah dan sopan serta bersahabat dan tahu batasan
  4. Pemberian informasi lengkap tentang produk atau jasa dari perusahaan tersebut.

Keempat hal tersebut adalah standar umum yang biasanya digunakan di perusahaan-perusahaan untuk menjaga integritas perusahaan dan membuat kepercayaan masyarakat pada perusahaan tersebut makin besar. Menggunakan standar pelayanan ini harus menjadi salah satu prosedur operasional yang selalu diterapkan di perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *